Anda Bukan Penyidik dan Siapa Mendanai Acara Ini, Yusril Bungkam Najwa Shihab Soal HTI

Anda Bukan Penyidik dan Siapa Mendanai Acara Ini, Yusril Bungkam Najwa Shihab Soal HTI
Anda Bukan Penyidik dan Siapa Mendanai Acara Ini, Yusril Bungkam Najwa Shihab Soal HTI

Baru baru ini ramai pemberitaan media mengenai Penolakan banding HTI oleh pihak PTUN (7/5/2018), seperti diketahui sebelumnya status Ormas HTI sebagai badan hukum dicabut Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, atas dasar Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 mengenai aturan Ormas. Dan HTI pun dibubarkan sebab diduga anti-Pancasila.

Menngangkat topik ini jurnalis kondang tanah air Najwa Shihab mengulasnya dalam sebuah Program Mata Najwa bertajuk “Melarang Ormas Terlarang Part 6, Kontroversi Dakwah HTI.” (9/5/2018), dengan menghadirkan sejumlah Narasumber diantaranya Juru Bicara HTI Ismail Yusanto dan dan Profesor Hukum, Yusril Ihza Mahendra.

Najwa Shihab pun mencecar tajam Juru Bicara HTI Ismail Yusanto, dengan sejumlah pertanyaan layaknya interogasi, salah satunya pertanyaan seputar aliran dana HTI.

"Pak Ismail, tadi anda tidak mau menjawab berapa jumlah anggota, kalau saya tanya berapa sumber dana yang dikelola oleh HTI?" cecar Najwa Shihab, seperti dilansir laman tribunnews.com (11/05/2018)

Ismail Yusanto pun Mengklarifikasi tentang aliran dana HTI, menurutnya hal itu adalah urusan Internal Organisasi, merasa tak mendapatkan jawaban yang diinginkan, Najwa kembali memberondong dengan sejumlah pertanyaan.

"Saya tanyakan itu karena HTI bisa mengadakan Muktamar di GBK tiga tahun berturut-turut, sama seperti di daerah, itu dananya dari mana pak Ismail?" tanya Najwa.

Jubir HTI tersebut kemudian melontarkan sebuah fakta, bahwa hal tersebut terselenggara berkat swadaya para anggota HTI berupa hasil penjualan tiket. Tak berhenti sampai disitu, Najwa kembali menanyakan berapa jumlahnya, Ismail pun menjawab tidak ingat berapa nominal persisnya.

Yusril yang menyaksikan gencarnya Najwa menginterogasi Jubir HTI tersebut merasa Najwa sudah melanggar hak hak seorang Narasumber diprogram televisi, dan ia merasa keberatan.

"Kalau pak Ismail Yusanto tidak mau menjawab, itu hak dia, nggak menjawab, anda ini interviewer, anda ini bukan penyidik, itu hak dia nggak jawab, kalau ada polisi nanya itu boleh, tapi kan anda wartawan, bukan penyidik, di pengadilan aja terdakwa boleh kok tidak menjawab, anda ini wartawan kok memaksa" ucap Yusril kesal.

Najwa Shihab pun menampik jika ia telah terlampau jauh memaksa, Ia tidak bermaksud mendesak Narasumbernya untuk menjawab, Yusril yang masih gusar kemudian membalik pertanyaan mengenai aliran dana tersebut terhadap Najwa.

"Dia sudah tidak mau menjawab kok didesak-desak terus, kalau saya tanya balik acara ini yang bikin siapa, dananya darimana, berapa biayanya, darimana TV ini dapat uangnya," cecar Yusril membungkam Najwa Shihab.

Tak ayal adu mulut keduanya, menuai riuh rendah penonton yang bertepuk tangan menyaksikan program tersebut.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==